Bukan Puasa, 5 Tips Diet Ini Bisa Kamu Lakukan dengan Mudah Lho...

Tips  
Ilustrasi: Pixabay

Tahukah kamu, gak sedikit orang yang memanfaatkan bulan Ramadan sebagai ajang untuk menurunkan berat badan alias diet. Ya, ketika orang berpuasa, di antara mereka ada yang senang karena bisa mengurangi asupan makanan.

Hal ini ini menimbulkan pro dan kontra. Ada yang bilang boleh-boleh saja. Ada juga yang bilang, "Kalau puasa ya puasa aja niatnya. Jangan ada niat diet segala."

Terlepas dari pro dan kontra tersebut, kami tidak ingin terlalu ikut campur di dalamnya. Yang jelas, di luar momen bulan Ramadan ini, upaya seseorang menurunkan berat badan memang perlu diapresiasi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Melakukan diet yang sehat nyatanya tidak semuda membalikan telapak tangan. Salah cara malah justru bisa membahayakan tubuh. Maka dari itu, diet yang sehat membutuhkan cara-cara yang tepat guna mengurangi berat badan. Lalu bagaimana caranya diet sehat? Yuk simak!

1. Jadwal makan teratur

Tips pertama saat ingin menurunkan berat badan ialah dengan mengatur jadwal makan yang teratur. Kamu harus tahu, jika melewatkan waktu makan, ini malah akan jadi bahaya bagi tubuh. Karena tubuh akan lebih cepat merasa lapar, gula darah naik-turun, hingga stres.

Kamu bisa menerapkan cara dengan mengganti tiga kali makan besar menjadi 6 kali makan porsi kecil. Kuncinya, kamu harus menghindari makanan tinggi lemak dan tinggi kalori.

Selain itu, kamu harus mengisi perut di pagi hari dengan makanan yang memiliki kandungan tinggi serat dan protein. Ini dilakukan agar tubuh merasa lebih kenyang sampai waktu makan siang tiba.

2. Kurangi konsumsi gula

Selanjutnya kamu harus mengurangi konsumsi gula. Mungkin cukup sulit untuk dihindari, soalnya kandungan gula ditemukan di banyak makanan dan minuman. Namun, dengan mengurangi asupan gula yang berlebih, bisa menjadi cara diet sehat dan mudah dilakukan.

Dari pada ngemil yang banyak mengandung gula di dalamnya, kamu bisa menggantinya dengan camilan yang sehat. Memakan camilan yang sehat adalah satu tips diet sehat dan kamu bisa terhindar dari konsumsi gula yang berlebih. Beberapa camilan yang bisa kamu coba adalah buah-buahan, smoothie yang dibuat sendiri, dan salad sayur.

3. Sesuaikan porsi makanan

Setelah memilih makanan dan minuman yang tepat, cara diet sehat selanjutnya ialah dengan mengatur porsi makanan dengan bijak. Makanlah sesuai dengan kebutuhan kalori per hari. Tentu saja, dihitung dengan benar dan tidak sembarangan.

Kalau kamu kesulitan dalam menghitungnya, kamu bisa konsultasikan hal ini dengan ahli gizi. Namun, jika kamu dengan berat badan berlebih, biasanya hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan sebanyak 1.500 kalori.

Untuk menerapkan cara diet sehat, ingatlah selalu bahwa dalam satu kali makan kamu harus bisa menyeimbangkan semua zat gizi yang diperlukan tubuh. Diantaranya, ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Jadi, dalam satu kali makan, kamu sebaiknya mengonsumsi makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur satu mangkuk, serta buah-buahan.

4. Perbanyak konsumsi air putih

Cara diet sehat selanjutna adalah dengan mengkonsumsi air putih setiap hari. Sedikit-dikitnya 8 gelas per hari agar tidak terhidrasi. Disamping itu, air putih juga idak memiliki kalori tambahan, sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi dan dapat menjadi tips diet yang aman dan ideal.

Dari pada mengkonsumsi minuman-minuman manis seperti jus, soda, kopi, dan boba, kamu bisa menggantinya dengan meminum air putih karena membantu mengurangi jumlah total kalori yang dikonsumsi setiap hari.

5. Olahraga sebagai kebutuhan

Tips diet yang terakhir adalah dengan berolahraga. Olahraga adalah cara diet sehat yang bisa kamu lakukan. Karena diet sehat tidak akan maksimal jika tidak diimbangi dengan berolahraga. Oleh sebab itu, kamu harus jadikan olahraga sebagai kebutuhan.

Kalau bukan dengan olahraga secara teratur, bagaimana tumpukan lemak dapat hilang? Biasakan diri untuk olahraga secara rutin setiap hari, paling tidak 30 menit sehari. Kamu bisa melakukannya dengan cara berjalan-jalan santai atau jogging selama 30 menit di lingkungan tempat anda tinggal.

Setelah menerapkan berbagai cara diet sehat seperti yang sudah disebutkan di atas, akan lebih bagus jika kamu juga menerapkan pola hidup yang sehat secara keseluruhan. Misalnya dengan tidur dengan cukup dan hindari begadang! Hindari konsumsi alkohol yang berlebihan, juga merokok. Hal-hal tersebut akan membantu diet sehat berhasil. Jika Kamu punya tips lainnya, yuk share!

Penulis: Adwin Aqshal : Editor: Miko

Berita Terkait

Image

5 Menu yang Sebaiknya Dihindari Saat Buka Puasa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image