5 Menu yang Sebaiknya Dihindari Saat Buka Puasa

Kuliner  
Ilustrasi: Pixabay

Tidak terasa kaum muslim dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan di mana kaum muslim diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh mulai dari fajar hingga matahari terbenam (waktu magrib)

Bagi kaum muslim, berpuasa merupakan rukun Islam yang ketiga. Tidak hanya menahan diri dari makan dan minum, kaum muslim juga diwajibkan menahan diri dari hawa nafsu dan hal-hal yang membatalkan puasa.

Di Indonesia, lamanya berpuasa membutuhkan waktu kurang lebih 13 jam. Lamanya waktu tersebut terkadang membuat kita kalap akan makanan yang kita makan saat berbuka puasa. Nah, karena perut kita kosong selama kurang lebih 13 jam, kita harus memperhatikan santapan yang akan kita makan. Simak, yuk!

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Buah yang asam

Buah memang merupakan makanan yang baik untuk tubuh karena kaya akan serat. Namun, kita harus tahu kapan waktu yang tepat memakan buah, terutama buah yang asam. Mengonsumsi buah asam sewaktu berbuka perlu dihindari, nih, Depokers! Hal itu karena mengonsumsi buah asam saat berbuka berpotensi bikin asam lambung kamu naik ataupun diare.

Makanan pedas

Selain makanan asam, makanan yang terlalu pedas juga harus dihindari saat berbuka puasa. Sama seperti makanan asam, makanan pedas juga dapat memicu efek buruk pada saluran pencernaan, seperti nyeri di dada maupun diare.

Makanan tinggi minyak

Hayo, siapa, nih, teman-teman yang selalu makan gorengan saat berbuka puasa? Eits, Depokers harus tau, nih, makanan tinggi minyak dapat membuat berat badan naik! Selain itu, makanan yang tinggi minyak berisiko kolesterol tinggi dan meningkatkan risiko tingginya tekanan darah. Jadi, hindari dan kurangi makan gorengan terlalu banyak saat berbuka, ya!

Minuman bersoda

Sama seperti buah asam dan makanan yang terlalu pedas, mengonsumsi minuman bersoda saat berbuka puasa berisiko buruk bagi pencernaan. Orang yang langsung mengonsumsi minuman bersoda saat berbuka puasa berpotensi mengalami masalah mual dan perut kembung. Aduh, baru buka puasa masa langsung mual dan terasa kembung? Jadi, hindari, ya!

Kopi

Bagi sebagian orang, meminum kopi saat berbuka dapat meningkatkan asam lambung. Selain itu, karena memiliki efek diuretik, kopi juga dapat memicu dehidrasi.

Nah, itu dia beberapa santapan yang harus dihindari saat berbuka puasa agar tidak mengganggu kesehatan tubuh kita. Selamat berpuasa bagi yang menjalankan!

Penulis: Wahyuni Anggita Sari | Editor: Miko

Berita Terkait

Image

Bukan Puasa, 5 Tips Diet Ini Bisa Kamu Lakukan dengan Mudah Lho...

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image