Waspada! Depok Sedang Dilanda 5 Peristiwa Ini

Umum  
Foto: Pixabay

Belakangan ini Kota Depok dilanda dengan beragam peristiwa yang menghawatirkan. Mulai dari peristiwa alam hingga kejadian-kejadian kriminal. Apa saja peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini di Depok? Yuk simak!

1. Angin Kencang

Angin kencang sempat melanda Kota Depok pada Sabtu 5 Maret 2022 siang sekitar pukul 13.00. Banyak rumah, pohon hancur dan tumbang akibat angin kencang tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jalan Margonda misalnya. Ranting-ranting pohon berjatuhan, reklame rusak, dan beberapa pagar seng juga roboh. Selain itu, kondisi Jalan Juanda juga menghawatirkan. Beberapa pohon tumbang hingga menutup badan jalan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Depok telah mengingatkan kepada masyarakat agar ekstra waspada terhadap bencana alam, mengingat saat ini cuaca ekstrem sedang melanda.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok Citra Indah Yulianty mengatakan, masyarakat dapat melaporkan jika ada potensi bencana yang membahayakan. Seperti keretakan tanah yang menjadi penyebab awal longsor.

"Laporan bisa ditujukan ke Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 maupun mendatangi/ menghubungi posko banjir kami di Kantor DPUPR Kota Depok Jalan Raya Jakarta Bogor km 34,5, dengan nomor telepon 082311835135," katanya.

2. Ular masuk pemukiman

Kota Depok yang saat ini sedang dilanda cuaca ekstrem, membuat Pemerintah Kota mengumumkan akan pentingnya waspada terhadap bencana alam. Namun, rupanya bukan hanya bencana alam, serangan ular juga menjadi ancaman lain ditengah peralihan cuaca saat ini.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos melaporkan, dalam satu minggu kebelakang tepatnya mulai tanggal 23 Februari hingga 5 Maret 2022 sudah ditemukan 10 ular masuk pemukiman warga.

4. Banjir

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengingatkan warga agar mewaspadai banjir dan longsor karena intensitas dan curah hujan yang masih tinggi. Terutama, di wilayah dataran rendah maupun permukiman yang dekat dengan kali.

"Untuk itu, kami ingatkan masyarakat agar menjaga lingkungan, dengan rutin melakukan pembersihan saluran air yang berpotensi tersumbat sampah," ujarnya, Rabu (02/03/22).

Dirinya juga meminta, agar masyarakat segera melaporkan jika ada potensi bencana yang membahayakan. Seperti keretakan tanah yang menjadi penyebab awal longsor.

Sebagai informasi tambahan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim hujan masih akan terjadi hingga bulan April 2022.

4. Macet

Kemacetan di Kota Depok kerap menjadi keluhan masyarakat kota ini. Sejumlah titik macet yang menjadi pemandangan sehari-hari antara lain, Margonda, Sawangan, Juanda, Dewi Sartika, Kartini dan juga area tanjakan Grand Depok City.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty, mengatakan pihaknya berencana melebarkan jalan botteleneck yang dinilai sebagai titik rawan kemacetan. Pengerjaannya akan dilakukan bersama dengan Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Depok.

5. Maling

Jika kamu sering memantau akun Instagram @depok24jam dan @depok24jam_official, hampir setiap hari terjadi aksi pencurian di Kota Depok.

Unggahan dari dua akun tersebut menginformasikan betapa maraknya aksi pencurian mulai dari maling sepeda motor, sepeda, maling di rumah yang penghuninya sedang bepergian dan maling-maling lainnya.

Yang terbaru, polisi menangkap dua pelaku pencurian router WiFi di Jalan Pendowo Tiga, Kelurahan Limo, Depok. Sebanyak 12 router WiFi ditemukan di ransel milik pelaku.

Aksi pencurian lain terjadi aksi di SDN Pengasinan 1, Jalan Raya Pengasinan No.8 RT 3 RW 3, Pengasinan, Sawangan, Kota Depok terekam CCTV. Kejadian itu terjadi pada Senin (7/3/2022) sekitar pukul 04.00 WIB.

Dalam rekaman CCTV terlihat pelaku berjumlah dua orang. Akibatnya, barang elektronik milik sekolah tersebut raib digondol kawanan pencuri. Kasus ini, sudah dilaporkan ke Polres Metro Depok untuk mengungkapkan pelakunya.

Yup! Depok memang dikenal sebagai kota yang penuh dengan aksi kriminal. Selain poin-poin di atas, apalagi ya kejadian yang melanda Depok belakangan ini?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image