Warga Depok, Yuk Kenali 5 Faktor yang Sering Menyebabkan Kebakaran

Umum  

Kebarakan adalah salah satu musibah yang pastinya tidak mau dialami oleh siapapun. Tak terkecuali di Kota Depok. Oleh karena itu, faktor penyebab kebakaran yang sering terjadi di rumah perlu kamu perhatikan benar. Apalagi, hal ini gak jarang terjadi di kawasan padat pemukiman penduduk. Tentunya hal semacam ini sangat merugikan, bahkan untuk banyak orang.

Senin, 3 April 2022, kebakaran terjadi di sebuah kontrakan di kawasan Jalan Musala Al Mardhotilah RT 02 RW 08, Meruyung, Limo, Kota Depok. Dua orang tewas dan satu orang luka bakar hingga dilarikan ke rumah sakit akibat kebakaran tersebut.

Penyebab kebakaran bisa karena kelalaian manusia juga bisa karena faktor alam. Nah, apa saja faktor penyebab kebakaran yang bisa kita cegah? Yuk cek.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Hati-hati setelah beraktivitas di dapur

Penyebab kebakaran sering terjadi karena adanya kelalaian di dapur. Peristiwa kebakaran biasanya disebabkan saat seseorang sedang di dapur. Selain ledakan kompor gas, wajan dan panci juga menjadi sering menjadi pemicu kebakaran.

Jika wajan dan panci terlalu lama bersentuhan dengan api, potensi lalapan api juga bakalan menyelimuti seisi rumah. Untuk mencegah masalah ini terjadi, mulailah biasakan memasak sampai benar-benar selesai, dan jangan tinggalkan dapur.

2. Perhatikan kabel dan colokan

Faktor penyebab kebakaran yang bisa memicu kebakaran selanjutnya adalah penggunaan kabel yang tidak layak atau sudah rusak. Agar lebih aman, sebaiknya jangan biasakan menggulung kabel. Tentu saja ini juga untuk menjaga kualitas kabel agar tetap terjaga dengan baik. Kondisi lingkungan terkadang membuat kabel yang digunakan pada instalasi listrik menjadi rusak.

Mulai dari copotnya pembungkus kabel karena digigit oleh tikus, atau bahkan terlindas lemari. Makanya, harus dilakukan pengecekan kembali terhadap kondisi instalasi listrik di rumah. Ganti yang baru instalasi listrik di rumah minimal sekali dalam waktu lima tahun.

Yang berikutnya adalah colokan yang menumpuk. Ini juga bisa menjadi pemicu korsleting listrik dan kebakaran. Mulai dari sekarang, hindari terlalu banyaknya kontak T atau sejenisnya yang menumpuk pada colokan listrik. Akan sangat disayangkan, jika penumpukan pada colokan listrik tersebut akan menimbulkan suhu panas yang berasal dari aliran listrik, lalu panas tersebut terperangkap, dan akhirnya menyebabkan korsleting listrik atau kebakaran.

3. Bahan bakar

Faktor penyebab kebakaran yang bisa memicu kebarakan selanjutnya adalah cairan bahan bakar. Bensin, solar, minyak tanah, lem, dan parfum. Agar dapat mencegah pemantik api dari cairan tersebut, ada baiknya simpan cairan di tempat yang jauh dari sambaran api.

Faktor ini juga sering sekali terjadi di kota-kota besar, hanya karena cairan yang ditaruh tidak pada tempat yang aman. Parfum dan lem sebagai contohnya. Masih sedikit orang yang sadar bahwa kedua bahan ini dapat membuat api menjadi lebih ganas. Kebakaran dapat lebih parah dan besar saat ada kedua bahan tersebut di dalam sebuah ruangan.

4. Rokok

Selanjutnya merokok juga bisa menjadi faktor penyebab kebakaran. Rokok bisa menjadi penyebab kebakaran di lingkungan sekitar seperti di rumah, pasar, atau tempat padat penduduk lainnya. Pemantiknya adalah sampah-sampah plastik atau yang mudah terbakar. Bila puntung rokok lupa dimatikan dan dibuang sembarangan, kebakaran karena rokok ini sangat bisa terjadi. Hindarilah membuang puntung rokok sembarangan.

5. Faktor alam

Selain karena perbuatan manusia, kebakaran juga dapat ditimbulkan oleh adanya faktor-faktor alam seperti sambaran petir pada bahan mudah terbakar. Selain itu, gempa bumi yang mengakibatkan terputusnya jalur gas bahan bakar, gunung meletus yang panas membakar tumbuhan kering disekitarnya yang disebabkan oleh lava pijar, hingga panas matahari yang memantul dari kaca cembung ke dedaunan kering di sekitarnya.

Dari beberapa faktor di atas, menurut kamu apakah ada faktor lain yang bisa memicu kebakaran. Kalau ada, yuk share!

Penulis: Adwin Aqshal | Editor: Miko

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image