Siap-Siap Lebaran! Yuk Beres-Beres Rumah dengan Cara Konmari

Tips  
Ilustrasi: Pixabay

Ramadan tahun 2022 sudah tiba. Warga muslim tak terkecuali di Depok menyambut Ramadan dengan sukacita. Satu hal yang juga dirindukan setelah Ramadan adalah Lebaran, 1 Syawal. Di mana semua muslim merayakannya dengan riang gembira.

Setiap lebaran, silaturahmi sesama kerabat, keluarga, hingga tetangga menjadi tradisi. Biasanya mereka akan mengunjungi rumah kita.

Nah, agar rumah kita saat Lebaran terlihat nyaman dan bernuansa beda, ada baiknya kita mulai berbenah rumah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Seorang ahli gaya hidup asal Jepang bernama Marie Kondo, menawarkan metode berbenah yang dikenal dengan sebutan “Konmari”. Metode Konmari ini bisa dibilang cukup efektif dalam membantu kamu membereskan rumah.

Metode ini pada dasarnya memiliki dua konsep utama, yakni decluttering (menyingkirkan barang yang tak diperlukan lagi), dan organizing (mengatur barang agar terlihat rapi).

Agar kamu tidak bingung harus mulai dari mana ketika berbenah, berikut tahapan-tahapan agar berbenah menjadi lebih mudah untuk dilakukan:

1. Singkirkan yang gak penting

Tahap pertama jika kamu bingung barang apa yang hendak kamu buang ataupun kamu simpan, adalah dengan membagi ke dua kategori ini.

Jika barang tersebut memicu kebahagiaan atau energi yang baik untuk kamu, simpanlah barang tersebut. Namun jika barang tersebut tidak memberikan energi yang baik ataupun malah tidak berguna di rumah kamu, lebih baik barang tersebut disingkirkan.

Atau barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu berguna namun kamu sayang-sayang karena memiliki banyak kenangan atau “akan berguna suatu saat nanti”. Yang seperti itu lebih baik disingkirkan.

2. Kategorikan barang agar mudah ditemukan

Setelah kamu memisahkan barang mana saja yang hendak kamu simpan, kini saatnya memilah-milah barang kamu ke dalam beberapa kategori. Kategori ini bisa kamu buat sesuka hati kamu.

Bisa dikategorikan sesuai fungsi, bentuk, ataupun warna. Bisa juga dikategorikan tergantung frekuensi pemakaian barang tersebut ataupun kategori lainnya sesuka hati kamu, selama barang tersebut lebih mudah ditemukan oleh kamu.

3. Pilih tempat penyimpanan yang sesuai

Jika kamu hendak menyimpan barang-barang yang telah kamu kategorikan tadi, pilihlah tempat penyimpanan yang sesuai. Sesuai dengan segi estetika dari bentuk rumah kamu, ataupun mudah dijangkau. Besar kecilnya tempat penyimpanan juga menyesuaikan dengan kebutuhan, pula besar kecilnya barang yang hendak kamu simpan.

Untuk barang-barang yang sudah tidak terpakai, kamu bisa menyimpannya di gudang jika kamu memiliki gudang. Atau kamu bisa menjualnya ke tukang loak. Namun, jika memang kamu merasa barang tersebut benar-benar tidak berguna, kamu dapat langsung membuangnya ke tempat sampah.

Semoga dengan tips-tips di atas, kamu dapat lebih mudah dalam membenah barang-barang di rumah kamu sehingga rumah kamu terlihat lebih rapi dan tidak terlalu banyak barang. Dan tentunya, Lebaran nanti silaturahmi terus terjaga.

Penulis: Daffa Akhmad | Editor: Miko

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image