Ingin Vaksin Booster di Depok? Begini Caranya

Umum  
Ilustrasi: Pixabay

Presiden Joko Widodo menghimbau masyarakat terkait peraturan mudik lebaran 2022. Jokowi mengatakan mudik lebaran diperbolehkan dengan syarat sudah mendapatkan vaksin lengkap dua kali dan satu kali vaksin booster.

Melihat besar kemungkinan tingginya jumlah pemudik, kebijakan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi risiko penularan dan lonjakan kasus Covid-19.

Tidak hanya untuk pemudik, vaksin booster memang dianjurkan dilakukan bagi seluruh masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua. Dilakukannya vaksin booster adalah untuk meningkatkan antibodi secara penuh.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nah, pasti di antara Depokers banyak yang bertanya-tanya terkait bagaimana, sih, cara mengetahui tempat yang menyediakan vaksin booster dan bagaimana alur pendaftarannya? Simak, yuk!

1. Mengunjungi laman daftarvaksin.depok.go.id

Depokers perlu tahu, nih, bahwa Pemerintah Kota Depok memiliki laman tersendiri yang diperuntukkan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai vaksin Covid-19. Oleh karena itu, hal yang pertama kali teman-teman Depokers perlu lakukan adalah mengunjungi laman daftarvaksin.depok.go.id.

Di laman tersebut tersedia berbagai informasi, mulai dari sistem vaksinasi Kota Depok, jadwal dan tempat vaksinasi, serta persyaratan yang harus terpenuhi oleh calon penerima vaksin.

2. Memilih tempat dan jadwal vaksinasi

Nah, di dalam laman tersebut sudah disediakan beberapa pilihan jadwal dan tempat vaksinasi yang berada di sekitar Kota Depok. Teman-teman dapat memilih lokasi yang sekiranya cukup terjangkau dari domisili tempat tinggal agar lebih mudah dijangkau.

Sampai artikel ini ditulis, sudah ada 12 tempat yang ditawarkan dalam laman tersebut. Di antaranya: RSUD Kota Depok, Puskesmas Abadijaya, Puskesmas Harjamukti, Puskesmas Kemirimuka, Puskesmas Jatijajar, Puskesmas Cinere, Puskesmas Sukmajaya, Puskesmas Tugu, dan Puskesmas Beji. Setelah memilih lokasi vaksinasi yang diinginkan, laman akan menunjukkan informasi terkait jadwal, jenis vaksin, dan sisa kuota yang tersedia.

3. Mengisi data diri dengan lengkap

Setelah memilih jadwal dan jenis vaksin, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengisi identitas berupa NIK, nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon dan nomor whatsapp, email, pekerjaan, serta pilihan dosis vaksin. Oleh karena itu, sebelum mendaftarkan diri jangan lupa siapkan hal-hal terkait informasi tersebut, ya!

4. Mencetak bukti pendaftaran

Setelah data diri diisi dengan sempurna, jangan lupa unduh dan cetak bukti pendaftaran kamu, ya. Link terkait bukti pendaftaraanmu juga akan dikirim melalui email yang sebelumnya kamu cantumkan saat mengisi data diri.

5. Datang ke tempat vaksinasi sesuai jadwal

Nah, setelah semua itu dilakukan, kamu sudah terdaftar sebagai calon peserta vaksin. Disarankan kamu perlu datang 15 menit sebelum jadwal dimulai dengan membawa bukti pendaftaran yang sudah dicetak.

Itu dia cara untuk mendaftar vaksin di laman vaksin pemerintah Kota Depok. Yuk, sama-sama membantu pencegahan Covid-19 dengan cara vaksin. Semoga dengan ikhtiar, kita dan seluruh keluarga dijauhkan dari segala macam penyakit.

Penulis: Wahyuni Anggita Sari | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image