Tips Menghadapi Emak-Emak 'Sein Kiri Belok Kanan' di Jalanan

Tips  
Ilustrasi: Pixabay

Sudah bukan rahasia umum bahwa emak-emak Indonesia terkenal dengan berbagai ‘atraksi’-nya dalam berkendara, terutama dalam mengendarai motor.

Sampai-sampai, ‘atraksi’ yang dilakukan emak-emak kerap menjadi sorotan dan bahan bercanda khalayak ramai.

Atraksi yang dilakukan emak-emak di jalanan cukup beragam. Mulai dari ketidaktepatan dalam penggunaan sein, keragu-raguan dalam berkendara, mengobrol di tengah jalan, dan masih banyak lagi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Beberapa waktu lalu, media sosial diramaikan dengan viralnya emak-emak yang tengah mengobrol di tengah jalan. Hal tersebut tentu menjadi perbincangan karena perilakunya dapat membahayakan dirinya sendiri dan juga pengendara lain.

Bahkan, sebagian orang hanya bisa geleng-geleng kepala akibat terlalu seringnya bertemu berbagai ‘atraksi’ mereka di jalanan.

Tidak hanya itu, baru-baru ini, dunia maya juga kembali dibuat geleng-geleng kepala akibat viralnya seorang ibu yang ngeyel melintasi jalanan yang masih basah pasca dicor.

Akibatnya, ibu-ibu tersebut tidak bisa bergerak dan berusaha mengeluarkan motornya dari cor-coran basah tersebut. Padahal, pekerja setempat sudah memberikan peringatan terkait hal tersebut.

Nah, buat teman-teman yang sering bertemu emak-emak seperti itu, simak beberapa tips menghadapinya, yuk!

1. Sabar

Narasi “kuncinya adalah sabar” ternyata berlaku saat kita dipertemukan dengan emak-emak yang banyak beratraksi di jalan raya.

Nah, sobat Depok, kalau kamu berada di kondisi terdesak saat bertemu mereka, hal utama yang kamu lakukan adalah tetap sabar dan berusaha berpikir positif. Anggap saja ini cobaan.

Ternyata, beberapa sumber juga menyebutkan bahwa kontrol emosi saat berkendara juga penting untuk dilakukan, lho!

2. Berusaha menghindar

Ketika kamu mulai menyadari batas kesabaranmu akan habis saat bertemu ibu-ibu yang ugal-ugalan di jalanan, berusahalah menghindar sekuat tenaga.

Menjauhlah dengan memperlambat kecepatan kendaraan ataupun mempercepat kendaraan dengan tetap hati-hati. Itu karena terkadang, meskipun yang salah emak-emak, tidak jarang yang akan marah juga emak-emak tersebut. Ingat poin satu, tetap sabar.

3. Tetap fokus

Hanya karena bertemu ibu-ibu di jalanan, kamu tidak boleh cepat terpana oleh atraksinya. Usahakan kamu tetap fokus berkendara dan mentaati rambu-rambu serta petunjuk lalu lintas yang ada di jalan raya.

Nah, itu dia beberapa tips yang harus kamu lakukan ketika bertemu ibu-ibu dengan aneka ‘atraksi’-nya di jalanan. Tetap nomor satukan keselamatan berkendara, ya, Depokers!

Buat para emak-emak yang baca, semoga bisa mengurangi atraksinya dan jangan lupa menaati rambu lalu lintas.

Eits, jangan salah dulu ya. Tidak semua emak-emak yang menggunakan sepeda motor tingkahnya seperti di atas. Masih banyak emak-emak yang berkendara dengan tertib dan menaati peraturan lalu lintas. Kalau contoh di atas memang sebagian kecilnya saja.

Penulis: Wahyuni Anggita Sari | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image