Siapa Orang Super Tajir di Indonesia yang Punya Lahan Bisnis Minyak Goreng?

Kuliner  

Kelangkaan minyak goreng masih saja terjadi di Indonesia, tak terkecuali di Depok. Akibat kelangkaan tersebut, pemerintah terpaksa mengeluarkan kebijakan subsidi satu harga. Harga tersebut bisa dibilang cukup mengejutkan karena naik berkali-kali lipat dari harga minyak goreng biasanya.

Ngomong-ngomong soal minyak goreng, Indonesia merupakan salah satu negara potensial pangsa pasar komoditas tersebut. Banyak pengusaha yang terjun sejak lama mendalami usaha minyak goreng. Bahkan menjadi kaya raya dari hasil bisnis minyak goreng. Siapa saja mereka?

Berikut beberapa konglomerat penguasa minyak goreng di Indonesia dikutip dari berbagai sumber:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Keluarga Widjaya

Keluarga Widjaya dikenal sebagai pemilik Grup Sinar Mas yang menghasilkan produk minyak goreng bermerek Filma. Keluarga Widjaya saat ini menjadi produsen minyak goreng terbesar di Indonesia, dan juga menduduki peringkat kedua daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2021.

2. Martua Sitorus

Pernah mendengar minyak goreng merek Fortune dan Sania? Perusahaan Wilmar yang didirikan oleh Martua Sitorus lah produsennya. Diketahui, Martua Sitorus merupakan orang terkaya ke-1.101 di dunia dengan kekayaan bersih sebesar USD2,9 M atau setara dengan Rp41,5 triliun!

3. Anthony Salim

Anda pasti tidak asing dengan perusahaan Indofood. Ya, Indofood memang banyak menghasilkan bahan makanan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mie instan, kecap, hingga minyak goreng. Nah, Anthony Salim lah pemilik dari Indofood. Minyak goreng yang diproduksi oleh Indofood antara lain Bimoli, Delima, dan Happy.

4. Sukanto Tanoto

Salah satu perusahaan yang memproduksi minyak kelapa sawit adalah Royal Golden Eagle International (RGEI) yang didirikan oleh Sukanto Tanoto. Perusahaan tersebut bisa dibilang sudah go international, dan Sukanto Tanoto sendiri memiliki kekayaan yang mencapai USD2,3 M atau setara dengan Rp32,89 triliun, menjadikannya salah satu pengusaha terkaya di Indonesia. Dan kini melalui Asian Agri and Apical, dia juga memproduksi minyak goreng dengan merek Camar.

5. Bachtiar Karim

Grup Musim Mas merupakan perusahaan sawit terbesar di Indonesia. Pemiliknya adalah Bachtiar Karim yang kini memiliki kekayaan USD3,5 M atau setara dengan Rp50 triliun. Produk minyak gorengnya antara lain Sanco, Voila, dan Amago.

Itulah beberapa taipan yang punya bisnis minyak goreng. Semoga persediaan minyak goreng di Indonesia, terutama di Depok segera dapat diatasi. Apalagi dengan datangnya bulan Ramadhan, banyak warga berbondong-bondong menjual gorengan sebagai takjil berbuka puasa.

Penulis: Daffa Akhmad | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image