Penting! Berikut Tips Menyelamatkan Diri Saat Gempa Bumi

Tips  
Foto: Pixabay

Gempa bumi kerap melanda beberapa wilayah di Indonesia. Bukan hal yang mengherankan jika wilayah Indonesia sangat berpotensi terjadinya gempa bumi, itu karena Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng utama dunia, yakni Eurasia, Indoaustralia, dan Pasifik.

Baru-baru ini, gempa berkekuatan magnitude 5.5 terjadi di Sukabumi, Jawa Barat pada Rabu (16/3) pagi. Guncangannya terasa hingga beberapa wilayah, seperti Jabodetabek, Bandung, serta Karawang. Di Kota Depok sendiri, guncangan gempa terjadi sekitar pukul 10.00 WIB dengan durasi sekitar 30 detik.

Oleh karena wilayah Indonesia memang sangat berpotensi gempa, kita harus selalu berhati-hati, nih, Depokers! Seperti peribahasa “sedia payung sebelum hujan”, kita harus mencari tahu, nih, informasi mengenai gempa, agar kita tahu apa yang harus dilakukan saat gempa. Yuk, simak beberapa tips berikut!

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Jangan panik

Hal utama yang harus kamu tanamkan dalam diri saat terjadi gempa adalah tidak panik. Paham, kan, Depokers, kalau panik terkadang kita menjadi tidak bisa berpikir jernih. Jadi, pastikan kamu berusaha menenangkan diri dan tidak panik, ya, supaya kamu bisa mengambil tindakan untuk menyelamatkan diri dan menolong orang sekitar.

2. Cari tempat perlindungan

Saat terjadi gempa, hal penting yang harus kamu lakukan saat guncangan gempa cukup kuat adalah berusaha melindungi organ vital tubuh seperti kepala dan leher, ya, Depokers! Oleh karena itu, disarankan untuk berlindung di bawah meja yang kokoh. Jika tidak ada meja, gunakan benda lain, seperti bantal, papan, atau kedua tangamu untuk membantu melindungi area kepala dengan posisi badan telungkup.

3. Keluar dari bangunan

Jika guncangan yang terjadi masih kecil atau keadaan sudah lebih kondusif dan aman, kamu harus segera ke luar dari bangunan tempat kamu berada dan pindah ke tempat yang lebih aman. Jangan lupa bantu orang sekitarmu untuk ikut ke luar bangunan juga, ya, Depokers!

4. Menjauhkan diri dari area yang membahayakan

Saat memilih tempat yang aman untuk berlindung, pastikan kamu menjauhkan diri dari bangunan, kabel-kabel, tiang listrik, pohon besar, dan lainnya yang berpotensi jatuh atauh runtuh akibat gempa.

5. Waspada gempa susulan

Setelah gempa pertama sudah berhenti, kamu tetap harus waspada dan berhati-hati akan gempa susulan. Oleh karena itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai kemungkinan gempa susulan dan tsunami.

Itulah tips yang bisa kamu lakukan saat berada dalam situasi gempa bumi. Jangan lupa untuk tetap tenang dan jangan panik, ya, Depokers!

Penulis: Wahyuni Anggita Sari | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image