Kepoin Yuk! Inilah Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan yang Ada di Depok

Umum  

Selama pandemi COVID-19 melanda bumi pertiwi ini, peran tenaga kesehatan begitu berjasa pada keberlangsungan kehidupan manusia. Salah satu tenaga kesehatan yang berperan sangat penting selama pandemic berlangsung adalah para perawat. Perawat berada di garda terdepan dalam merawat pasien walaupun resiko terpapar virus Covid-19 begitu tinggi.

Karena menjadi perawat merupakan tugas yang begitu mulia, sehingga setiap tanggal 17 Maret dirayakan sebagai Hari Perawat Nasional. Sejarah Hari Perawat Nasional sendiri berawal pada pendirian Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pada 17 Maret 1974, dengan alasan tenaga keperawatan harus berada di bawah organisasi profesi.

Salah satu syarat untuk menjadi perawat adalah menyelesaikan sekolah ilmu keperawatan. Untuk Anda yang tinggal di Kota Depok dan ingin masuk ke sekolah ilmu keperawatan tidak perlu khawatir, karena di Depok terdapat beberapa perguruan tinggi ilmu keperawatan. Berikut daftarnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. STIKES Raflesia

STIKES Raflesia Depok berdiri sejak tahun 1992 dengan nama Akademi Keperawatan (Akper) Raflesia. Pada tahun 2014 berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Raflesia dengan penambahan program studi S1 Kesehatan Masyarakat.

Stikes Raflesia Depok didirikan bertujuan untuk membantu menciptakan tenaga kesehatan (Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat) yang profesional, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berjiwa Pancasila, kreatif, dinamis, inofatif, tanggap terhadap pembaharuan ilmu dan teknologi, serta peduli terhadap permasalahan masyarakat yang terkait dalam bidang kesehatan.

Stikes Raflesia memiliki fasilitas laboratorium, klinik dengan pelayanan dokter umum, perpustakaan, asrama putri dan putra, koperasi syariah; serta fasilitas penunjang seperti wifi, masjid, kantin, copy center, rental komputer, dll. STIKES Raflesia beralamat di Komplek Pondok Duta, Jl. Mahkota Raya, No. 32B, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

2. Universitas Indonesia

Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia adalah program sarjana ilmu keperawatan terbesar dan tertua di Indonesia, dan saat ini memiliki akreditasi A.

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) sepenuhnya mengakui peran penting keperawatan dalam meningkatkan hasil kesehatan yang lebih baik untuk semua lapisan masyarakat.

Untuk tujuan ini, Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan FIK UI selalu mengedepankan pendidikan keperawatan yang siap mencetak generasi perawat terbaik.

FIK Universitas Indonesia memiliki fasilitas berupa laboratorium, laboratorium computer, auditorium, perpustakaan, asrama, kantor pos dan giro, klinik kesehatan, lapangan olah raga, kantor kas bank, kantin dan café, ruang ASI, dll.

3. Akademi Keperawatan Berkala Widya Husada

Akademi Keperawatan Berkala Widya Husada Jakarta berdiri pada tahun 1994. Pada tahun 2014 Akper Berkala Widya Husada terAkreditasi BAN-PT dan pada tahun 2015 Akper Berkala Widya Husada Bersinergi dengan Rumah Sakit Melia Cibubur.

Akper Berkala Widya Husada memiliki visi menjadi program studi diploma keperawatan yang berkualitas, beretika, dan unggul dalam keperawatan gawat darurat bertaraf Nasional pada tahun 2025.

Akper Berkala Widya Husada memiliki fasilitas berupa perpustakaan, laboratorium keperawatan dasaar, laboratorium medical bedah, laboratorium keoerawatan maternitas, laboratorium tumbuh kembang anak, lab komputer, free wifi, dll. Akper Berkala Widya Husada beralamat di Jl. Alternatif Cibubur KM 1, Gedung B Kompleks RS Meilia Cibubur.

Profesi perawat dinobatkan oleh Gallup Survey Amerika Serikat sebagai profesi terpercaya tertinggi selama 16 tahun berturut-turut. Dan jika Anda menjadi perawat, tentu saja profesi tersebut dapat dibanggakan kepada orang-orang terdekat.

Demikian daftar sekolah tinggi ilmu keperawatan yang ada di Depok. Semoga mampu menunjang mimpi-mimpi para calon perawat di Depok dan sekitarnya.

Penulis: Daffa Akhmad | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image