Banyak Promo dan Diskon di Hari Konsumen, Simak Tips Belanja Online di Sini

Gaya Hidup  
Foto: Pixabay

Menyambut Hari Hak Konsumen Sedunia yang berlangsung pada 15 Maret mendatang, para platform belanja online di Indonesia sudah menyiapkan segudang promo untuk para pelanggannya. Diskon besar-besaran disediakan agar mampu mengundang konsumen dari seluruh Indonesia.

Hari Hak Konsumen Sedunia sendiri ditetapkan sejak tahun 1962 ketika presiden Amerika Serikat John F. Kennedy mengajukan Undang-undang mengenai hak konsumen pada tanggal 15 Maret 1962, dan beliau berpidato secara langsung dalam kongres AS mengenai hak konsumen.

Dengan adanya Hari Hak Konsumen Sedunia ini, konsumen bisa mendapatkan hak yang sebaik-baiknya, dan para penjual bisa lebih mengevaluasi kinerja dan pelayanan mereka terhadap konsumen, salah satu caranya dengan memberikan promo-promo menarik di toko mereka.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menghadapi promo yang tidak karuan ini, akan ada banyak sekali godaan bagi para konsumen untuk membeli segala jenis barang yang ditawarkan. Agar tidak boros dan tidak kalap, kami berikan tips belanja online yang bisa digunakan saat Hari Hak Konsumen Sedunia ataupun di hari-hari biasa:

1. Pahami Deskripsi Produk

Hal yang sangat ingin kita hindari saat berbelanja online tentu saja barang yang sampai ke tangan kita ternyata barang palsu. Sedih rasanya jika kita sudah rela mengeluarkan uag yang cukup banyak, namun ternyata barang yang sampai ke tangan kita merupakan barang palsu. Untuk menghindari kejadian tersebut, anda bisa mulai dengan cara membaca deskripsi produk dengan cermat dan teliti. Pastikan sesuai dengan deskripsi produk yang anda inginkan. Jika deskripsi tersebut kurang jelas, anda bisa tanyakan langsung kepada penjual melalui fitur chat yang tersedia.

2. Periksa Penjualnya

Cara lainnya untuk menghindari mendapatkan barang palsu atau tertipu oleh penjual, ada baiknya anda periksa terlebih dahulu penjualnya, dengan cara membaca testimoni dari para konsumen sebelumnya. Anda bisa juga menanyakan ini kepada penjualnya langsung melalui fitur chat yang tersedia.

3. Menjadi Skeptis

Sifat skeptis sangat dibutuhkan ketika berbelanja online, dikarenakan kita tidak bisa melihat barang dan penjualnya secara langsung ketika hendak membeli sebuah barang. Penting untuk berkali-kali menanyakan kejelasan mengenai barang ataupun kevalidan penjual melalui fitur chat yang tersedia agar kita sebagai konsumen tidak dirugikan.

4. Membandingkan Harga Produk

Kiat yang satu ini berguna agar pengeluaran anda efisien dan tidak berlebihan. Jika produk yang anda inginkan ternyata tersedia di lebih dari satu toko, coba cari harga yang lebih murah agar pengeluaran tidak menjadi berlebihan, apalagi jika kualitas yang dimiliki oleh barang dengan harga lebih murah tersebut tidak kalah dengan barang yang harganya lebih tinggi. Anda bisa menghemat pengeluaran sisanya untuk keperluan yang lebih penting lainnya.

5. Manfaatkan Voucher dan Promo

Sebelum anda meng-checkout belanjaan yang terdapat pada keranjang belanja online anda, ada baiknya anda memeriksa voucher apa saja yang toko tersebut sediakan atau voucher yang anda miliki. Voucher tersebut berguna agar barang tersebut mendapatkan harga diskon serta gratis ongkir. Jika voucher-voucher tersebut dapat digunakan, sudah dipastikan anda akan semakin hebat dalam berbelanja.

6. Belanja Sesuai Kebutuhan

Walaupun banyak sekali promo yang ditawarkan oleh para penjual, ada baiknya untuk tidak terlalu mudah tergiur supaya pengeluaran tidak begitu membludak. Meskipun belanja online merupakan kegiatan yang menyenangkan, namun tabungan harus tetap disisihkan untuk pengeluaran yang lebih penting lagi. Jangan sampai karena terlalu terlena dengan banyaknya promo yang ditawarkan, tabungan anda habis dan tidak dapat memenuhi kebutuhan penting lainnya.

Nah, itulah gais beberapa kiat berbelanja online. Semoga mampu membantu anda dalam berbelanja online dengan aman dan menyenangkan, dan yang paling penting mampu menghemat pengeluaran. Selamat berbelanja dan selamat menyambut Hari Hak Konsumen Sedunia 2022!

Penulis: Daffa Akhmad | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image