Depokers, Yuk Simak Cara Sederhana Bikin Kopi V60 dan Vietnam Drip

Kuliner  
Foto: Pixabay

Memesan kopi dari cafe favorit selalu menjadi suguhan yang nikmat. Meskipun bukan pilihan yang hemat. Untuk berhemat tetapi ingin tetap ngopi enak, kamu bisa bikin kopi sendiri dengan cara yang sederhana di rumah.

Saat ini, ngopi sudah semakin menjadi kebiasaan sebagian orang Indonesia. Bagi pecinta kopi, cairan hitam pekat ini bisa membuat semangat dan menambah mood lebih baik sepanjang hari. Akan tetapi untuk memaksimalkan harimu pastikan untuk mengetahui cara membuat kopi yang enak.

Berikut ada beberapa cara untuk menyeduh kopi yang enak:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

V60

Metode ini melalui proses penyeduhan dengan tangan manusia atau biasa disebut manual brew. Teknik tersebut memiliki beragam tipe berdasarkan proses ekstrak kopinya.

V60 ini diproses melalui penyeduhan dengan mengalirkan air panas pada bubuk kopi di atas filter. Metode seduh kopi ini berpangkal pada tetes demi tetes bubuk kopi yang diseduh perlahan. Untuk itu, V60 membutuhkan kertas penyaring atau filter.

Cara seduh kopi V60 sebenarnya lahir karena diciptakannya alat seduh atau biasa disebut dripper pada tahun 2004 silam. Cara ini pertama kali ditemukan seorang asal Jepang bernama Hario. Istilah V60 dipilih lantaran bentuknya menyerupai huruf “v” dengan sudut 60°.

Berikut cara membuat kopi V60 yang enak:

- Siapkan gelas dengan V60 dripper dan filter di atasnya.

- Basahi filter dengan air panas, dan buang air bekasnya.

- Masukkan bubuk kopi pada dripper.

- Seduh dengan gerakan memutar secara konstan dan perlahan.

- Tuangan pertama untuk blooming, proses mengeluarkan karbondioksida. Tuang hingga timbangan menunjukkan 30 ml, tunggu 45 detik.

- Tuangan kedua untuk mendapatkan keasaman. Tuang hingga 80 ml, tunggu 45 detik.

- Tuangan ketiga untuk mendapat body. Tuang hingga 150 ml, tunggu 30 detik.

- Tuangan terakhir, hingga 195 ml.

Sebelum tetesan berhenti, angkat agar seduhan yang terakhir tidak ikut tercampur.

Satu lagi yang tak kalah penting adalah timbangan. Timbangan digunakan untuk memberikan takaran lebih akurat daripada hanya mengira-ngira saja. Dan untuk biji kopinya sendiri, kamu bisa menggunakan biji kopi apa saja, mudah bukan?

Pertama, siapkan dahulu 15 gram biji kopi dan giling ukuran kasar. Siapkan pula air panas bersuhu kira-kira 90 °C. Kalau kamu gak punya termometer, diamkan air selama kurang lebih dua menit.

Vietnam Drip

Kopi Vietnam drip terbuat dari kopi bubuk Vietnam menggunakan alat bernama Vietnam drip. Namun, kamu bisa membuat kopi Vietnam drip menggunakan kopi bubuk robusta lainnya.

Jenis kopi Vietnam drip diproduksi dari tetesan air kopi. Biasanya alat yang digunakan memiliki banyak lubang kecil di bagian bawah Vietnam drip. Kopi jenis ini bisa dinikmati untuk mengawali hari. Berikut resep untuk membuat Vietnam Drip:

Terdiri dari bahan-bahan yaitu:

· 1 sdm kopi robusta bubuk

· 2 sdm susu kental manis (sesuaikan selera)

· 1 cup air panas (240 ml)

Langkah-langkah:

1. Siapkan Vietnam drip dan gelas.

2. Rebus air sampai mendidih. Sementara itu, tuang susu kental manis ke dalam gelas.

3. Masukkan kopi bubuk ke Vietnam drip, pasang filternya. Tekan sedikit. Jangan terlalu kencang.

Apabila ditekan terlalu kencang, kopi menjadi sangat padat. Sehingga nantinya air kopi turun dalam waktu terlalu lama. Efeknya ekstraksi berlebihan. Sementara kalau tidak ditekan, air akan melewati kopi begitu saja. Proses ekstraksi menjadi kurang.

4. Letakkan Vietnam drip ke atas gelas. Tuang air panas sampai batas atas Vietnam drip. Biarkan air kopi menetes sampai habis.

5. Angkat Vietnam drip. Aduk sampai susu larut. Kopi Vietnam drip panas pun siap dinikmati. Kamu bisa sekalian membuat roti tawar panggang ditambah olesan selai buah.

Nah gais, itulah cara sederhana membuat kopi V60 dan Vietnam Drip yang bisa kamu buat di rumah. Mudah bukan? Mana yang ingin kamu coba? Atau selain dari daftar di atas, ada lagi gak kopi yang sering kamu buat? Yuk share!

Penulis: Adwin Aqshal | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image