Maling Motor di Depok Kian Marak, Oh Ternyata Ini Alasannya...

Umum  

Tragedi pencurian motor masih marak terjadi di Kota Depok. Banyaknya laporan yang berdatangan dari warga kepada pihak kepolisian ataupun melalui media sosial Depok 24 Jam kian meresahkan.

Selagi menunggu pihak yang berwajib menindaklanjuti kasus-kasus pencurian motor ini, warga Depok bisa lebih untuk bersiap-siap dan mawas diri agar maling motor tidak mencuri motor Anda.

Karena sesungguhnya, mudah untuk mengetahui alasan mengapa motor mudah untuk dicuri, dengan harapan Anda bisa mencegahnya di kemudian hari.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mengapa maling motor di Depok dan umumnya di banyak daerah sering terjadi pencurian sepeda motor? Inilah beberapa alasannya. Yuk cek!

1. Tidak dikunci stang

Ketika seseorang memarkirkan motornya di tempat umum, kadang mereka lupa untuk mengunci stang agar stang tidak dapat dibelokkan. Hal ini dapat menyebabkan maling motor dengan mudah mengeluarkan motor dari tempat parkir tersebut dan membawa motor tersebut kabur.

Alangkah lebih baik untuk selalu meninggalkan motor dalam keadaan stang terkunci, baik saat parkir di tempat umum ataupun saat sedang berada di rumah.

2. Lubang kunci terbuka

Setelah anda mengunci stang dan menyabut kunci motor, lubang kunci biasanya masih terbuka jika tidak tertutup oleh penutup lubang kunci.

Penutup lubang kunci hanya bisa dibuka menggunakan magnet yang terdapat pada kunci motor anda masing-masing. Terkesan sepele, namun jika lubang kunci masih terbuka, masih ada kemungkinan motor anda bisa dicuri oleh maling.

3. Mengabaikan kunci gembok

Selain kunci pada stop kontak, anda bisa menambahkan keamanan pada roda anda dengan menambahkan gembok roda. Dengan menambahkan gembok roda, motor tidak bisa digerakkan baik ke depan atau ke belakang.

Maka dari itu, kunci gembok roda terbilang cukup efektif dalam mencegah pencurian kendaraan bermotor.

4. Parkir di teras tidak dimasukkan ke dalam

Saat anda memarkirkan motor anda di rumah sendiri, meskipun sudah menerapkan beberapa protokol keamanan pada motor anda seperti mengunci stang, menutup lubang kunci stop kontak, dan menggembok roda, masih ada saja kemungkinan motor anda bisa dicuri jika tidak memasukkan motor anda ke dalam rumah.

Bahkan jika rumah anda memiliki pagar sekalipun, maling biasanya tetap berani untuk mengangkat motor anda melewati atas pagar demi kelancaran proses pencurian motor tersebut.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika anda memarkirkan motor di dalam rumah dan tidak hanya di teras saja.

5. Pihak terkait tidak serius memberantas maling

Salah satu alasan mengapa maling motor masih berkeliaran di luar sana bahkan hingga hari ini pun, adalah pihak terkait yang tidak serius dalam memberantas maling.

Karena tidak adanya rasa jera dari pihak terkait, maling jadi tidak memiliki rasa takut dan akan terus berkeliaran untuk mencuri motor masyarakat, yang pastinya kita semua tidak ada yang menginginkan hal tersebut menimpa diri masing-masing.

Selain masyarakat yang berperan dalam mengamankan kendaraan miliknya, pihak terkait juga harus berperan aktif dalam menjaga keamanan masyarakatnya.

Dari beberapa alasan di atas, menurut Anda apakah ada alasan lain mengapa maling motor di Depok kian marak?

Anda bisa memberikan komentar melalui kolom komentar di bawah ini, dan juga dengan ini pencurian motor di Depok bisa berkurang.

Penulis: Daffa Akhmad | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image