Siasat Memasak Makanan Tanpa Minyak Goreng, Boleh Dicatet Nih Mom...

Kuliner  
Foto: Pixabay

Minyak goreng sempat mengalami kelangkaan di beberapa daerah di Indonesia belakangan ini, termasuk di Kota Depok. Satgas Pangan Polri menemukan dugaan bahwa kelangkaan minyak goreng disebabkan adanya penimbunan, penyalahgunaan distribusi ataupun, ataupun pemalsuan.

Pemerintah pun langsung menggelar operasi pasar. Sebanyak 120.000 kilogram minyak goreng didistribusikan ke para pedagang eceran untuk dijual kembali ke pengguna. Harga yang ditetapkan mencapai Rp11.000 per kilogram. Sebelumnya semat tembus hingga puluhan ribu.

Sekedar mengantisipasi kelangkaan minyak goreng, ada beberapa cara untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut. Tentu dengan cara memasak masakan yang dilakukan dengan metode selain menggoreng.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dengan menggunakan metode tersebut, selain mengurangi kekhawatiran akan kelangkaan minyak goreng, khasiat makanan biasanya jauh lebih sehat ketimbang makanan yang digoreng. Mari lihat beberapa teknik memasak selain menggorengnya:

Mengukus

Mengukus adalah teknik memasak yang memanfaatkan uap air panas dari air rebusan yang berada di panci bagian bawah. Biasanya panci berlubang akan ditaruh di atas air mendidih, dan di situlah letak makanan yang hendak dikukuskan berada. Setelah itu panci ditutup dan biarkan proses pengukusan berlangsung.

Biasanya dengan mengukus masakan, kadar lemak dan kolestrol yang dikandung akan menjadi lebih rendah. Selain itu, masakan yang dikukus biasanya akan menjadi lebih harum. Beberapa contoh masakan yang menggunakan teknik mengukus ada otak-otak, dimsum, ayam atau ikan, dan siomay.

Membuat pepes

Pepes sendiri merupakan masakan khas Indonesia yang biasanya berbahan dasar ikan, tahu, ataupun jamur. Cara memasaknya bisa dibilang cukup unik.

Bahan dasar yang sudah disebutkan sebelumnya dibungkus ke dalam daun pisang, bersama dengan campuran bumbu dan rempah-rempah serta ditambah daun kemangi, tomat, dan cabai.

Lalu daun pisang tersebut dibungkus dan selanjutnya bisa dibakar ataupun dikukus. Rasa dari pepes ini sangat khas dan lezat, dan tak perlu khawatir akan menggunakan minyak goreng dalam proses pembuatannya.

Bacem

Bacem merupakan cara pengolahan makanan dengan cara merendam bahan utama, biasanya tempe atau tahu, atau bisa juga bahan makanan lain, dengan beberapa bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, dan garam dapur, yang diulek atau dihaluskan bersama.

Lalu semua bahan ini direbus dengan air secukupnya, dimasukkan pula beberapa helai daun salam, kepingan lengkuas yang telah dimemarkan, dan irisan gula merah. Rebus hingga air rebusan surut atau habis. Rasa bahan utama setelah direbus akan berubah menjadi manis. Bacem tempe atau tahu bisa langsung dimakan.

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi teknik memasak tanpa harus menggoreng, seperti membuat semur, memanggang, atau merebus.

Tapi tentu saja, cara memasak alternatif selain menggoreng tersebut disesuaikan dengan bahan yang akan kita masak.

Semoga tips ini bermanfaat, setidaknya sampai kelangkaan minyak goreng mereda.

Penulis: Daffa Akhmad | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image