Depok Marak Maling Motor, Ini Tips Mencegahnya

Umum  

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang banyak dimiliki masyarakat Indonesia, termmasuk Kota Depok salah satunya.

Sepeda motor sangat berguna untuk memudahkan perjalanan kita agar menghemat waktu dan tenaga. Namun, dengan kondisi ekonomi masyarakat yang kian memburuk, banyak terjadi kasus pencurian sepeda motor karena sepeda motor curian dapat dijual secara utuh ataupun secara terpisah bagian-bagiannya melalui penadah.

Pencurian sepeda motor merupakan salah satu cara mudah untuk mendapatkan uang cepat meski merugikan orang lain.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Waktu yang dibutuhkan bagi si maling untuk melancarkan aksi pencurian motornya hanya 1-3 menit saja. Jika lengah sedikit saja dari pengawasannya kepada kendaraanya, bisa-bisa sepeda motor hilang seketika.

Untuk mencegah terjadinya pencurian sepeda motor, berikut merupakan tips-tips agar pencurian sepeda motor dapat dicegah:

Amankan Barang Berharga dan Cabut Kunci

Jangan pernah lupa untuk mencabut kunci sepeda motor anda dan membawa barang-barang berharga anda. Usahakan agar motor anda terlihat tidak mencolok. Dengan cara itu, setidaknya bisa mengurangi resiko sepeda motor anda menjadi sasaran empuk oleh maling yang hendak mencuri sepeda motor anda. Lengkapi dengan Pengaman Tambahan

Selain mengunci setang dari stop kontak, ada baiknya mengunci ganda sepeda motor anda di bagian lubang cakram depan dan rantai belakang jika motor anda bukan matic. Perangkat tambahan yang disarankan adalah gembok cakram. Sebab, si maling minimal harus dua kali memposisikan dirinya dalam melakukan tindak kejahatan, yaitu membuka gembok cakram dan membobol kunci kontak.

Cabut Capacitor Discharge Ignition (CDI)

Salah satu cara untuk mencegah sepeda motor agar tidak dicuri adalah dengan mencabut Capacitor Discharge Ignition atau yang biasa disingkat CDI. Alat ini berfungsi untuk menjalankan proses pengapian pada motor dengan sistem karburator.

Jika CDI dicabut, bisa dipastikan mesin sepeda motor tidak akan bisa menyala. Cara melepas CDI pun bisa terbilang mudah. Pada motor jenis skuter yang masih mengadopsi sistem karburator, letak CDI biasanya dipasang di bawah bagasi. Setelah dicabut, CDI bisa dimasukkan ke dalam saku celana atau ke dalam tas.

Parkir di Posisi Terdalam

Dengan parkir di posisi terdalam, maling akan berpikir dua kali untuk mengeluarkan motor anda, apalagi mencurinya. Karena jika terhalang oleh motor lain, pasti akan sulit untuk mengeluarkan motor tersebut jika tidak dibantu oleh petugas parkir yang sedang bertugas di area tersebut.

Jangan Terlalu Sering Meminjamkan Motor ke Teman

Walaupun tujuan meminjamkan motor anda ke teman seringkali berdasarkan niat baik, anda tidak pernah tahu apa yang teman anda lakukan dengan motor anda.

Di zaman seperti ini, kebaikan setiap orang bisa saja disalahgunakan untuk perbuatan yang sesungguhnya bertolakbelakang dengan apa yang kita yakini. Bisa saja teman anda menduplikat kunci motor anda, ataupun teman anda membawa kabur motor anda dan tidak mengabari anda. Maka dari itu, lebih berhati-hati lagi saat hendak meminjamkan sepeda motor kepada orang lain.

Pasang Alarm

Kini alarm pada sepeda motor tidak hanya eksklusif dimiliki oleh sepeda motor kelas atas atau built-in. Anda bisa saja memasang alarm tambahan yang sudah tersedia di pasaran. Alarm pada sepeda motor mampu dibilang ampuh dalam mencegah pencurian terhadap sepeda motor.

Namun jika hendak memasang alarm pada sepeda motor, disarankan dibantu oleh mekanik yang lebih ahli dikarenakan perlu mengambil jalur kelistrikan pada sepeda motor yang sifatnya cukup kompleks. Itulah beberapa tips untuk mencegah agar sepeda motor anda tidak dicuri. Semoga dengan ini, angka pencurian sepeda motor di Depok bisa menurun hingga nol.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image