Mengenal Beberapa Stadion Sepakbola di Kota Depok

Olahraga  

Hingga tahun 2022 terdapat beberapa stadion serta lapangan di Kota Depok, baik itu dimiliki oleh pemerintah, instansi maupun swasta. Stadion Merpati, Stadion Mahakam dan Stadion Sukatani ketiganya merupakan stadion milik Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Untuk lapangan, ada lapangan Rangkapan Jaya, lapangan Taman Jawa dsb. Stadion-stadion milik instansi atau swasta, ada Stadion UI milik Universitas Indonesia. Lapangan milik instansi jumlahnya lebih banyak karena setiap instansi biasanya memiliki fasilitas lapangan sendiri, seperti instansi PLN, Pertamina, Brimob POLRI, TNI dan lain-lain.

Stadion Merpati

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Stadion legend ini nerlokasi di kawasan perumahan Perumnas Depok 1 Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas. Sebelum menjadi stadion, tempat ini masih berupa tanah lapang.

Memang masyarakat warga perumnas Depok menyebutnya dengan Lapangan Merpati yang ketika itu sangat sering digunakan berbagai aktivitas seperti bermain atau pertandingan sepakbola, olahraga siswa-siswa SD dan SMP hingga pelaksanaan sholat Ied.

Stadion Merpati awalnya diproyeksikan sama dengan stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Tapi jika dibandingkan secara langsung, rasa-rasanya masih dibawah level stadion Pakansari. Iya gak?

Dengan kapasitas tampung 3.000 penonton, menjadikan Stadion Merpati menjadi stadion yang terbesar di Kota Depok. Dahulu stadion ini pernah menjadi homebase atau markas dari klub sepakbola legendaris Depok, PERSIKAD. Namun , klub Persikad yang baru (Persikad 1999) tidak lagi bermarkas di stadion ini, namun mengajukan markas baru yaitu di Stadion Mahakam.

Lokasi : Jl. Gelatik Raya Perumnas Depok 1 Kel. Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas Kapasitas : 3.000 penonton Stadion Mahakam

Stadion terbesar kedua di Kota Depok ini merupakan markas klub sepakbola Depok United FC. Stadion ini dinilai paling strategis lokasinya dibandingkan dengan Stadion Merpati. Maka tidak heran bila kemudian Persikad 1999 juga mengajukan diri agar stadion ini menjadi markas bagi Klub Persikad 1999. Sebelum renovasi dan penataan, kapasitas stadion Mahakam hanya menampung 1.000 penonton. Kemudian daya tampungnya ditingkatkan menjadi 2.000 penonton atau dua kali lipat dari kapasitas sebelumnya. Pembangunan dan penataan stadion Mahakam pernah mendapatkan biaya bantuan dari gubernur (BanGub) Jawa Barat pada tahun anggaran 2018.

Lokasi : Jl. Rasamala Raya, Depok Timur Kel. Bakti Jaya, Kec. Sukmajaya Kapasitas : 2.000 penonton Stadion Mini Sukatani

Dibandingkan dengan dua stadion sebelumnya yang disebut di atas, stadion yang lokasinya berada di Jalan Dongkal, Kelurahan Sukatani ini terhitung kecil dari segi kapasitas sehingga disebut sebagai stadion mini. Terakhir, Stadion Mini Sukatani Depok sedang dalam proses renovasi.

Namun, nama stadion ini sama persis dengan stadion yang berada di Kabupaten Bekasi. Bedanya "Sukatani" yang ada di Kabupaten Bekasi merupakan nama sebuah Kecamatan, sedangkan "Sukatani" yang di Depok merupakan nama Kelurahan yang berada di Kecamatan Tapos, Kota Depok.

Karena stadion yang ada di Bekasi terhitung sangat aktif digunakan berbagai kegiatan dan banyak yang mempostingnya di berbagai media sosial, maka yang akan banyak muncul adalah yang ada di Bekasi.

Lokasi : Jl. Dongkal Kelurahan Sukatani, Kec. Tapos

Stadion Universitas Indonesia

Tentunya stadion ini nerada di dalam kompleks Universitas Indonesia, Depok. Stadion UI yang selain memiliki lapangan bola, di dalam stadion ini juga terdapat lintasan atletik yang jalur lintasannya menggunakan karet sehingga lebih nyaman digunakan.

Rumput yang digunakan adalah rumput sintetis. Terdapat menara lampu sorot lapangan yang berjenis LED dengan kualitas penerangannya yang sangat baik.

Lokasi : Jl. Prof. Dr. Ir. Somantri Brodjonegoro No.1, Kukusan, Kec. Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Nah itulah beberapa stadion di Kota Depok yang perlu kamu ketahui. Ada yang lain gak gais?

Penulis: Adwin Aqshal | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image