Teman Kamu Pinjam Uang, Begini Tips Menolak Secara Halus

Tips  
Foto: Pixabay

Meminjamkan uang kepada teman yang sedang membutuhkan termasuk hal yang baik karena berniat untuk membantu. Namun, beberapa orang justru memanfaatkannya untuk mendapatkan uang secara instan.

Karena itu, utang bisa menjadi salah satu akar rusaknya pertemanan. Beberapa orang memilih untuk menghindari berutang dalam hubungan pertemanan. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara yang baik saat menolak teman pinjam uang.

Apabila permasalahan kamu ada di bagaimana cara untuk menolaknya, kamu tidak perlu khawatir. Untuk mengatasi itu, berikut beberapa cara yang tepat untuk menolak meminjamkan uang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tanyakan Keperluannya

Setelah kamu dihubungi untuk dipinjami uang, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bertanya, mau digunakan untuk apa uang itu oleh temanmu. Ini merupakan cara menghargai temanmu juga upaya darimu untuk memahami motif di balik niatnya berutang. Bagaimana jika ternyata kebutuhannya sangat penting dan mendesak?

Minta Waktu

Dengan melakukan salah satu cara menolak teman pinjam uang ini, kamu bisa berpikir lebih objektif dan jernih. Ini bisa jadi kesempatanmu untuk merangkai kata-kata. Minta waktu selama yang kamu perlu, lalu beritahukan jika kamu sedang tidak bisa memberikan pinjaman.

Tegas Tapi Santun

Untuk meyakinkan bahwa kamu tidak memiliki uang yang cukup untuk meminjamkan, kamu harus bersikap tegas tetapi juga sopan. Dengan begitu, temanmu akan mengerti dan tidak akan memintamu untuk meminjamkan uang.

Berikan penjelasan dan alasan yang logis mengapa kamu tidak bisa meminjamkan uang kepada temanmu. Alasan yang logis bisa membuat temanmu memahami bahwa kamu memang benar-benar belum bisa membantunya. Dengan begitu, kesalahpahaman antara kamu dan temanmu bisa dihindari.

Memberikan Solusi Lain

Jika memang kamu ingin menolak permintaan utang teman, berilah solusi selain meminjam uang darimu. Misalnya, temanmu ternyata memiliki barang-barang sudah tidak terpakai. Usulkan untuk menjual barang bekasnya atau bahkan membantu menjualkannya. Atau kamu bisa menyarankannya untuk langsung meminjam ke bank.

Pinjamkan Tapi Tidak Perlu Dihitung Utang

Lebih baik beri saja temanmu uang dengan kapasitas yang kamu miliki, dan jangan dihitung sebagai utang. Ikhlaskan uang tersebut anggap kamu sedang bersedekah. Meskipun gak banyak, setidaknya kamu sudah menyelamatkan hubungan pertemanan lho.

Itulah beberapa cara menolak teman yang ingin pinjam uang dengan baik. Semoga bisa membantu, ya! Jika kamu punya solusi lain, yuk share!

Penulis: Adwin Aqshal | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image