Depok Bakal Punya 2 Alun-Alun, Warga Sawangan dan Sekitarnya Siap-Siap Bahagia

Wisata  

Warga Depok saat ini sudah bisa menikmati fasilitas alun-alun yang berada di kawasan Grand Depok City. Meskipun, dalam kondisi saat ini, alun-alun belum bisa diakses sepenuhnya karena masih dibatasi untuk mencegah corona.

Kabar baiknya lagi, Depok bakal punya alun-alun lagi. Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berkunjung ke Depok beberapa waktu lalu. Lalu seperti apa rencana pembangunan alun-alun Depok yang kedua tersebut?

Dibangun di bagian barat Depok

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tak bisa dibantah, lokasi alun-alun Depok di kawasan Grand Depok City memang menimbulkan kontroversi. Di satu sisi, warga setuju dengan adanya alun-alun di kawasan yang bisa disebut GDC ini.

Mereka menilai wajar adanya alun-alun di kawasan GDC karena pemerintah sendiri kesulitan mencari lahan cukup luas untuk dijadikan lokasi alun-alun.

Di sisi lain, warga juga heran mengapa alun-alun yang biasanya berada tak jauh dari pusat kota malah jauh ke mana-mana. Belum lagi warga yang berada di kawasan barat Depok merasa sulit menjangkau alun-alun di GDC.

Oleh karena itu, rencananya alun-alun Kota Depok bagian dua ini akan dibangun di kawasan barat yang tak jauh dari Setu Tujuh Muara. Nantinya lokasi ini bisa menjangkau warga Sawangan, Bojongsari, Cipayung dan sekitarnya.

Melibatkan Ridwan Kamil

Kang Emil, begitu sang Gubernur Jabar Ridwan Kamil biasa disapa, menjadi salah satu tokoh penting akan dibangunnya alun-alun Depok bagian barat ini.

Seperti diketahui, orang nomor satu di Jabar ini memang banyak membangun alun-alun untuk daerah-daerah di Jawa Barat. Maka tak heran kalau ia tertarik merancang desain alun-alun yang kedua di Depok ini.

"Insyaallah saya akan ikut mendesain menjadikan Depok Kota yang nyaman, manusiawi, dan sejuk," kata Ridwan Kamil.

Anggaran

Menurut Emil, pembangunan alun-alun di wilayah barat itu nantinya menggunakan anggaran rutin tahunan. Seperti halnya dalam pembangunan Underpass Jalan Dewi Sartika yang merupakan kolaborasi antara Pemkot Depok dan Pemprov Jawa Barat.

“Apakah biayanya akan sedang saja atau tinggi, dan sebagainya nanti dilihat. Jadi nanti bisa berkoordinasi, tahun ini mungkin perencanaan dan pada 2023 dibangun,” kata Emil.

Pembangunan

Rencana pembangunan alun-alun Depok bagian barat ini diagendakan mulai tahun 2023. Ridwan Kamil saat berkunjung ke Depok menunjukkan desain awal rencana pembangunan alun-alun tersebut.

Setelah Alun-alun jadi, infrastruktur penunjang akan ikut dibangun. Salah satunya, memuluskan jalan akses menuju destinasi alun-alun tersebut.

Nah, jadi buat warga Depok bagian barat, yang sabar aja ya. Nanti juga bakal ada fasilitas publik yang bisa dinikmati. Jadi gak perlu jauh-jauh ke alun-alun GDC. Ye kan?

Penulis: Adwin Aqshal | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image