Kamu Alami Post Vacation Blues? Begini mengatasinya!

Tips  
Ilustrasi: Pixabay

Merasa tidak semangat bekerja selepas liburan? Mungkin kamu mengalami Post Vacation Blues! Begini mengatasinya!

Selepas liburan, banyak orang yang harus kembali ke rutinitas sehari-hari, seperti bekerja, sekolah dan rutinitas lainnya. Termasuk yang mengambil cuti panjang lebaran. Tak sedikit, pekerja atau pejabat yang mulai masuk kerja mulai Senin, 16 Mei 2022 mendatang.

Banyak yang rasanya belum rela untuk melepaskan kesenangan yang didapat selama liburan kemarin, sehingga menimbulkan perasaan murung, disorientasi, dan ketidaknyamanan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Perasaan-perasaan ini dapat menghambat keproduktivitasan dan lancarnya aktivitas sehari-hari. Post vacation blues ditkamui dengan penurunan produktivitas kerja secara keseluruhan setelah liburan.

Lantas, apakah post vacation blues ini dapat diatasi? Bisa kok! Dengan sedikit tekad, dan beberapa tips di bawah ini, post vacation blues secara perlahan pasti bisa diatasi.

1. Menyesuaikan diri dari beberapa hari sebelum bekerja

Jika kamu sedang berlibur di luar kota ataupun tidak sedang berada di rumah, rencanakan kepulangan ada beberapa hari sebelum kamu masuk bekerja, jadi masih ada spare waktu untuk kamu menyesuaikan diri dengan keadaan.

2. Tetap olahraga meski sedang berlibur

Olahraga sangat membantu untuk melawan depresi, dikarenakan endorfin yang dilepaskan oleh tubuh dan mampu untuk melawan depresi. Olahraga juga mampu menjaga tubuh tetap bugar dan mengurangi stress dan kelelahan. Stabilitas fisik pun akan terjaga jika kamu melanjutkan olahraga setelah kembali dari liburan.

3. Komunikasi dengan teman atau keluarga

Ini sangat baik dilakukan tidak hanya ketika kamu mengalami Post Vacation Blues, namun kapanpun kamu merasa sedang berada di titik terendah. Komunikasi dapat membantu berbagai macam kecemasan. Dengan berkomunikasi, kamu dapat menceritakan keluh kesah yang kamu alami ataupun mendengarkan keluh kesah teman kamu. Misalkan solusi pun tidak ditemukan dalam perbincangan kamu, setidaknya mengeluarkan uneg-uneg dapat mengurangi beban yang kamu alami.

4. Habiskan waktu di luar ruangan

Dengan menghabiskan waktu di luar ruangan, terlebih lagi di alam, suasana hati akan lebih membaik dan tingkat stress menurun. Kualitas tidur membaik dan kesehatan fisik juga meningkat. Sekadar jalan-jalan di halaman rumah atau taman sekitar juga cukup membantu memulihkan pikiran dan menenangkan perasaan.

5. Mulai merencanakan liburan berikutnya

Dengan mengagendakan liburan kamu yang akan datang, kamu jadi memiliki target akan liburan kamu yang akan datang. Menjalani rutinitas hari-hari kamu akan menjadi lebih semangat karena kamu tahu ada hari yang indah akan menunggu suatu saat nanti, yaitu liburan yang telah kamu agendakan.

Semoga dengan tips-tips di atas, kamu dapat kembali semangat menjalani rutinitas sehari-hari dan dapat meningkatkan produktivitas kinerja kamu, karena sesungguhnya liburan yang indah siap menunggu kamu setiap tahunnya.

Penulis: Daffa Akhmad | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image