5 Keunikan Masjid At-Thohir yang Jadi Salah Satu Destinasi Wisata di Depok

Wisata  

Pada 9 Maret 2022, Masjid At-Thohir diresmikan secara langsung oleh Presiden Jokowi. Lokasi masjid ini terletak di Jalan Hj. Mohammad Thohir, kawasan Kompleks Podomoro Golf, Tapos, Kota Depok.

Masjid At-Thohir sudah dibangun sejak 2018. Seperti namanya, masjid ini memang merupakan bangunan yang dibuat oleh keluarga besar Menteri BUMN Kabinet Indonesia Maju, Erick Thohir, sebagai tanda bakti untuk mendiang ayahnya, yakni Alm. Mohammad Teddy Thohir.

Tidak hanya itu, masjid ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat kepada warga sekitar, khususnya warga Tapos, Depok.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kemegahan masjid yang dibangun di atas lahan seluas 2,8 hektar ini memang menjadi perhatian masyarakat. Tidak hanya kemegahannya, masjid ini memiliki beragam keunikan, lho! Yuk, kita intip 5 keunikan Masjid At-Thohir!

1. Nuansa putih di berbagai sisi

Nuansa putih yang menyelimuti hampir seluruh bagian masjid ini membuat kekaguman masyarakat sekitar. Pemilihan warna putih ternyata bukan pemilihan yang sembarangan. Makna warna putih yang berarti suci ini sejalan dengan makna At-Thohir yang dalam bahasa Arab juga bermakna suci.

2. 29 Kubah dengan ukuran yang berbeda

29 kubah yang ada pada Masjid At-Thohir ternyata memiliki makna tersendiri. Kubah yang berukuran paling besar merupakan simbol kepemimpinan sosok ayah, yakni merupakan simbol untuk Alm. Mohammad Teddy Thohir.

Sementara, tiga kubah yang berukuran sedang menyimbolkan tiga anak dari Alm. Mohammad Teddy Thohir, yaitu Hireka Vitaya Thohir, Garibaldi Thohir alias Boy Thohir, dan Erick Thohir. Kubah berukuran kecil sisanya merupakan lambang cucu-cucu dari Alm. Mohammad Teddy Thohir.

3. Lampu warna-warni yang menghiasi dinding masjid

Salah satu hal yang mencolok dari Masjid At-Thohir adalah lampu warna-warni yang terpancar di dinding masjid. Dengan kecanggihan teknologi video mapping, lampu warna-warni yang menghiasi masjid ini menjadi keunikan tersendiri. Hal ini sejalan dengan fungsional masjid yang tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi tempat wisata religi akhir pekan.

4. Area imam yang dihiasi kaligrafi Asmaul Husna

Kaligrafi 99 asmaul husna yang menghiasi area imam menambahkan unsur kemewahan dari Masjid At-Thohir. Ditambah, hiasan lampu yang mengelilinginya juga mempercantik nuansa kaligrafi tersebut.

5. Nama masjid yang dihiasi air mancur

Keunikan yang satu ini seringkali dijadikan spot foto oleh masyarakat yang melintasinya. Itu karena lokasi nama masjid yang dihiasi air mancur yang sangat strategis di pinggir jalan sehingga cukup menarik untuk objek berfoto.

Nah, itu dia beberapa keunikan dari Masjid At-Thohir. Depokers sudah pernah berkunjung ke sana belum? Bisa banget, nih, jadi destinasi ngabuburit!

Penulis: Wahyuni Anggita Sari | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image