Yuk Depokers Cari Tahu Apa Aja Dampak Positif Media Sosial

Umum  
Ilustrasi: Pixabay

Seiring dengan terus berkembangnya zaman, kini kehadiran media sosial sudah menjadi bagian dari hidup manusia. Bukan hanya di kalangan remaja namun juga hampir di semua kalangan.

Sekilas, media sosial datang dengan memberikan segala kemudahan dan manfaat yang baik bagi seluruh golongan. Namun demikian, nyatanya banyak dampak-dampak negatif yang muncul seperti perundungan, pencurian data, bahkan kejahatan seksual secara online.

Maka dari itu, bukan hal yang mengherankan jika banyak yang takut dan khawatir kalau mereka menghabiskan waktu berjam-jam per hari di platform media sosial yang berbeda.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Terlepas dari dampak negatif yang begitu banyak, nyatanya media sosial juga memiliki manfaat yang harus diketahui, terutama jika menyangkut kesehatan mental. Lebih lanjut untuk mengetahui manfaatnya, berikut adalah beberapa dampak positif media sosial.

1. Memudahkan komunikasi

Dampak positif media sosial yang pertama adalah kemudahan dalam berkomunikasi. Banyak aplikasi di media sosial yang dapat memudahkan kita untuk mengirim pesan, telepon, hingga video call. Dengan adanya media sosial, tentu pesan atau sambungan telepon yang ingin kita kirimkan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan lebih murah.

Memiliki jangkauan komunikasi yang lebih luas tanpa adanya batas adalah salah satu dampak positif yang dimiliki oleh media sosial. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, kehadiran media sosial ini sangatlah membantu kita dalam berkomunikasi dengan jarak yang jauh.

2. Tempat mengekspresikan diri

Dampak positif media sosial selanjutnya adalah sebagai tempat mengekspresikan diri kita. Bagi kita yang memiliki banyak emosi, bisa diekspresikan dengan cara yang aman di media sosial. Dikutip dari ReachOut.com, media sosial sangat membantu untuk membangun identitas para penggunanya.

Kita bisa mengungkapkan apa yang penting bagi kita dan menemukan orang lain yang memiliki pemikiran yang sama. Dengan begitu, para pengguna media sosial dapat memperluas lingkaran pertemanan.

Khususnya kalangan remaja yang merasa sulit untuk mengungkapkan perasaan mereka secara pribadi, media sosial dapat menjadi salah satu solusi tempat bercerita tanpa merasa dihakimi dan tahu bahwa ada orang di balik layar yang mendukung mereka. Semakin kita, khususnya remaja mampu menjelaskan apa yang dipikirkan, semakin banyak pula tekanan, kecemasan, serta depresi yang berkurang. Hasilnya, mereka memiliki pengalaman media sosial yang lebih positif.

3. Pusat informasi

Dampak positif media sosial lainnya ialah memudahkan pencarian informasi yang ingin dicari. Sebelum adanya media sosial, menemukan informasi cenderung lebih sulit karena lebih terbatas dan memerlukan waktu yang lebih lebih lama.

Seiring dengan berkembangnya zaman serta hadirnya media sosial, kita bisa mencari informasi apapun dengan lebih gampang dan cepat.

4. Edukasi dan entertain

Dampak positif media sosial selanjutnya adalah sebagai sarana mencari hiburan juga tempat untuk belajar. Nyatanya, banyak masyarakat yang menjadikan media sosial sebagai sarana hiburan, baik menikmati hiburan dan juga memberikan hiburan tersebut. Masyarakat memanfaatkannya dengan mengunggah macam-macam video ke berbagai platform media sosial. Hal ini dapat menghibur serta mengisi waktu luang untuk yang lainnya.

Selain untuk hiburan, media sosial juga memiliki dampak positif lainnya karena dapat memudahkan dalam proses pembelajaran. Melansir Journal of Educational Computing Research, melalui media sosial, para pelajar secara aktif bisa lebih kreatif dan mandiri sehingga kualitas pelajaran pun bisa semakin meningkat baik dan segi pengetahuan maupun kualitas.

5. Wadah bisnis

Dampak positif media sosial lainnya adalah tak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, tetapi juga mulai menjadi peluang bisnis. Bahkan, beberapa platform media sosial telah memberikan fitur khusus untuk berbisnis. Sehingga dengan media sosial, bisnis kecil pun memiliki peluang yang besar. Media sosial dapat dimanfaatkan untuk menganalisis pasar, konsumen, hingga kebutuhan produksi.

Nah, itu dia beberapa dampak positif yang terdapat pada media sosial. Yuk, mulai lebih bijak dalam menggunakan media sosial agar lebih memberikan dampak positif untuk kita sebagai penggunanya. Kalau ada dampak positif media sosial lainnya, yuk kasih tahu!

Penulis: Adwin Aqshal | Editor: Miko

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image